Minggu, 20 Januari 2013

Belajar Membuat Desain Tipografi

Lama tidak menulis di blog ini, seperti kacang lupa akan kulitnya. Setelah sekian lama saya belajar dan sampai saat ini masih belajar desain grafis secara otodidak. Salah masuk jurusan mungkin menjadi alasan saya untuk terus belajar desain grafis secara mandiri. Bertanya dan mencari pengalaman dengan desainer yang sudah mahir akan membuat sedikitnya bertambah ilmu kita walaupun masih belum bisa menyamai skil yang mereka punya. Kali ini saya akan coba belajar membuat desain tipografi dengan coreldraw.

Mencontek itu Bukan Hal Negatif

Sebagai desainer mencontek mungkin menjadi sesuatu yang sangat dihindari, tidak hanya desainer nampaknya. Mencontek itu bukan hal yang negatif menurut saya, bagaimana kita bisa menghasilkan sebuah karya? apakah kita harus selalu berharap pada mimpi dimalam hari? Selain insting dan talenta yang diberikan oleh Tuhan, kita ini memiliki naluri sebagai manusia dimana saat kita melihat sesuatu maka kita bisa membuat sesuatu itu. Sebagai contoh nyata ketika saya coba belajar membuat desain tipografi untuk Coldplay, awalnya kebingungan apa yang akan saya buat. Coba hunting di google dan saya mendapatkan ide dengan gambar ini :

Desain ini pasti menginspirasi bagi siapa saja yang melihatnya apalagi para penggemar band Coldplay. Hal yang terlintas pada saat melihat ini adalah membuat desain kaos untuk band Coldplay dengan tema Viva Lavida, salah satu judul lagunya. Akhirnya dengan mencontek saya bisa membuat sebuah karya yang cukup berbeda dengan apa yang menjadikan saya inspirasi dan sumber imajinasi. Hasil imajinasi saya untuk desain tipografi Viva Lavida :

Mungkin hasil contekan saya ini tidak sehebat yang aslinya, tapi percayalah mencontek itu bukan hal yang negatif. Belajar membuat desain tipografi atau desain grafis lainnya adalah proses, dimana kita mencari passion dengan apa yang kita miliki dan apa yang mereka pikirkan. 

Selamat mencoba.. :)


Tidak ada komentar:

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !