Kamis, 14 Juli 2011

Starbuck dan Starpreya

Kesamaan Logo Mengakibatkan Sengketa




Sedikit mengulas kejadian beberapa tahun silam. Ini adalah sebuah sengketa branding perusahaan antara starbuck dan starprayer. Keduanya adalah perusahaan yang terjun dalam bidang yang sama yakni penjualan kopi. Keduanya memiliki merek dagang yang sama dan terlihat ada kesamaan logo. Maka dari itu pihak starbuck sempat menggugat ke pengadilan.

Namun Starbucks Corp telah kehilangan babak final sengketa pelanggaran dengan peritel kopi Korea Elpreya Co Mahkamah Agung Korea hari ini menegaskan pemecatanpermohonan Starbucks 'untuk membatalkan Elpreya itu kata STARPREYA dan tandadesain atas dasar kebingungan.

"Merek dagang Starbucks dan Elpreya berbeda dalam penampilan dan nama,"menemukan pengadilan. "Kami juga tidak bisa menilai bahwa Starbucks adalah merek dagang terkenal di rumah sebelum Elpreya merilis merek dagang terdaftar ke pasar."

Maka siapa yang akan disalahkan? Mungkin ada baiknya kita sebagai desainer lebih mementingkan branding awereness untuk mendapatkan citra yang lebih baik dari publik.

Tidak ada komentar:

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !